INDUSTRI KEUANGAN ASURANSI

Perumbuhan industri asuransi dapat dilihat dari table dibawah yang mencerminkan pertumbuhan premi bruto industry asuransi berbanding dengan pertumbuhan domestic bruto di Indonesia sejak 2014 sampai dengan 2019 pertumbuhan penetrasi industry asuransi setiap tahunnya tidak terlalu significant cenderung sabil berkisar antara 2% sampai dengan 3% per tahun, hal ini berbanding terbalik dengan pertumbuhan pengguna internet di Indonesia yang sangat significant tinggi dan selalu bertumbuh seperti terlihat pada table dibawah:

Penetrasi industry digital sangatlah cepat dengan pertumbuhan yang hampir mencapai 100% dari seluruh penduduk Indonesia menggunakan internet dalam kebutuhannya. Hal ini lah yang melatar belakangi perusahaan berinisiatif untuk melakukan penetrasi sekaligus literasi dan edukasi asuransi melalui media internet atau digital.

Saat ini perusahaan asuransipun telah melihat hal ini sehingga beberapa dari pelaku telah berlomba-lomba untuk menyediakan layanan berbasis digital baik itu melalui website perusahaan, website khsusu, agreegator, ataupun marketplaces yang sudah ada, namun sampai saat kami melihat upaya yang dilakukan itu masih sebatas pentrasi pasar dalam rangka penjualan produk sehingga daya tarik dan strategi yang diberikan masih sangat minim untuk menyasar seluruh bahkan belum untuk Sebagian pengguna internet tersebut.

TEKNOLOGI DAN APLIKASI

Dari sisi penyedia layanan berbasis telekomunikasi kita mengetahui adanya android dan Apple sebagai penyedia market places bagi para pengguna smartphone dan tablet dan berdasarkan survey 2019 -2020 Q2 terdapat hampir seluruh pengguna internet menggunakan smartphone atau Tab mereka dengan frequency penggunaan hampir setiap hari (>90%)

Hal ini menginisasi perusahaan untuk membangun sebuah website dan aplikasi yang dapat menunjang para pengguna dan pelaku industry jasa keuangan asuransi untuk melakukan penetrasi dan literasi melalui digital smartphone atau Tab aplikasi

INFORMASI

Sampai dengan saat ini kami mencatat ada beberapa perusahaan industry asuransi dan penunjang asuransi yang telah mengebangkan teknologi digital dalam rangka pemasaran produk asuransi yang mereka miliki:

Dari beberapa informasi diatas kami belum menemukan ada yang menyediakan marketplaces khusus untuk asuransi yang mengakomodir jalur website dan aplikasi untuk android maupun apple, terlebih lagi dari seluruh penetrasi yang dilakukan kami melihat belum ada fitur konsultasi yang ditawarkan oleh setiap penyelenggara tersebut, sehingga dari sinilah perusahaan berinisiatif untuk membangun literasi dan penetrasi pasar industry asuransi dengan strategi yang dijelaskan pada bagian berikutnya

Saat ini seluruh perusahaan industry asuransi berlomba lomba dalam membangun dan mengembangakan bisnis mereka melalui digital untuk memenuhi tuntutan dan perkembangan gaya hidup masyarakat namun tidak sedikit pula yang belum memahami dan memiliki kemampuan tersebut, sedangkan tuntutan era digital terus bergerak untuk segera dipenuhi walaupun masih ada kendala dalam pemenuhan.